Tuesday 3 February 2009

Adapt...adapt...adapt.. (Dec 1, '08 6:47 PM)

Sebenernya dari dulu gue seneng banget tugas kelompok. Karena buat gue, banyak otak lebi baik daripada satu orak. Gue bisa dapet banyak input dan sudut pandang yang mungkin belum pernah terpikirkan ama gue sebelumnya. Dan selama ini juga, grup kelompok gue selalu enak2 aja. Semuanya bisa saling bantu dan toleransi. Ceritanya jadi beda waktu gue jadi anak rantau disini...

Kerja kelompo sama orang2 yang blm pernah lo kenal sebelomnya menjadi hal yang seru. Kenalan ama temen2 baru, tau kinerja masing2, dan tuker pikiran bareng. Masalahnya, pada saat orang2 itu beda budaya, timbul rasa tidak sependapat dimana orang2 itu punya cara yang beda2 dalam ngungkapinnya. Kalo diungkapin pada saat diskusi, dan akhirnya punya kesimpulan, itu sih gue maklum banget. Tapi gimana kalo orang yang nggak sependapat itu pas diskusi diem2 aja, tapi tiba2 hasil kerja kelompoknya dirubah2 gitu? Kesel dong....ABIIISSS!!!!! Dan pada saat diskusi dia cabut pergi, tapi nggak terima ama keputusan kelompok, ngeselin dong??? ABIISSSS...

See friends, nggak gampang ternyata nyatuin beberapa kepala yang beda budaya. Bahkan beberapa bahasa Inggrisnya aja nggak jelas, buat ngertiinnya aja udah susah. Apalagi ditabah pengeyelan begitu?!??!!? Gue termasuk yang moderat di kelompok, dan berorientasi pada solusi. Alesannya? Ga ada waktu buat debat kusir. Padahal kalo diliat2, track record gue bagus buat team work. Di kampus, maupun di kantor, kayaknya gue baek2 aja ama urusan kerja kelompok. Mungkin karena ini scoop-nya lebih luas, dan secara mereka lebih muda dari gue, cnderung lebih punya ego yang gede buat memperthankan pendapat. Praktek2 yang biasa dilakuin di negaranya juga kadang dipaksa buat masuk ke yang lain, padahal belum tentu praktek itu berlaku umum di dunia. Bener2 deh gue sabar banget ngerjain tugas kelompok.

Well, anyway, ini pelajaran aja yang pengen gue share, bahwa penting buat punya rasa sabar dalam jumlah yang mayan banyak. Kepake banget buat yang begini2. Dan ternyata kebiasaan gue dulu di kuliah berdebat, adu pendapat, namun berorientasi ama solusi, itu sangat membantu. Jadi sejauh apapun berdebat, setinggi apapun suara, kalo bisa ngarahin ke solusi, akan ada ujungnya.

Kalo begini melulu, kayaknya enakan ngerjain tugas pribadi deh, mau bagus ato jelek, tanggung jawabnya pribadi...heheeheh. Yah, dua2nya punya tantangan dan kesenangannya masing2 siy, either way, those coursework should be done ASAP.

Anyway, tugas kelompok gue udah beres, besok kita presentasi. Mohon doanya supaya bisa diberikan yang terbaik ya temen2....

No comments:

Post a Comment