Saturday 28 March 2009

kepercayaan..

sahabat gue ga berapa lama ini nulis di multiply-nya tentang trust (kepercayaan). Lucunya, abis baca ini, gue jadi kayak flashback gitu tentang beberapa hal dimana gue mendapatkan dan kehilangan kepercayaan.

(ngelamun sambil flashback dulu)...............

Buat gue, sahabat adalah sodara. Yaaa namanya juga sahabat, semakin lama pasti akan berasa seperti kaka, adik, sodara. Semua ga berenti sebatas sahabat aja. Ga buat cewek, ga buat cowok. Sahabat2 gue udah gue anggep jadi bagian dari diri gue. Gimana enggak, sedihnya gue...mereka yang berhasil bikin gue balik seneng. Senengnya gue...kita berbagi. Jatuh-nya gue...mereka yang membuat gue kuat buat berdiri dan jalan...bahkan melesat secepat kilat seperti busur panah...halahhh...hiperbol, hahahha anyway, you got the point kan. Sayangnya salah satu dari mereka yang gue anggep nggak bakal mungkin menikam, malah menikam dari belakang. Gue bener2 kecewa. Kehidupan pribadi gue dikoyak2. Padahal, dia butuh apa, gue bela2in bantu. Secara dia di Jakarta merantau, gue bebasin nyinggah di rumah kapanpun, ampe gue bikinin dobelan kunci rumah. Bahkan, kalo bisa dibilang, I even share my parents, coz I knew it's not easy being far from your parents. So I shared mine. My mum treated her as if she's her own daughter. Gatau apa yang terjadi sama dia, dia mengobrak abrik semuanya. Sampe kehidupan pribadi gue. Disinilah gue kehilangan kepercayaan gue ke dia. Walaupun akhirnya dia mengakui semuanya pastinya dia tengsin abis kegep pengakuan dosa, apapun yang dia bilang, buat gue cuman manis di bibir aja. Terserah lo mau bilang apaan, gue emang gabisa maafin dia begitu aja, dan mulai dengan clean slate kalo dia ga ada usahanya juga. Gabisa, pokoknya gabisa! Titik. Forgiven, but not forgotten. Bukan perkara dendam atau nggak. Ini bentuk proteksi diri gue atas pengalaman buruk. Sebelum gue mulai dengan clean slate which is kemungkinannya kecil, tapi bukan berarti ga mungkin; gue harus yakin kalo kejadian2 yang ga terduga macem begini ga akan keulang lagi. She has to learn her lesson(s). I'd prefer it in a hard way, like....for the rest of her life??....hehehehheehe I don't know how far I would go though...and don't care anyway...

Nah, nyambung nih....salah satu keidupan pribadi gue yang diobrak abrik itu adalah hubungan gue sama sesorang. Anyway, singkat cerita, karna hubungan gue ama ni orang juga pada saat itu menjadi tajam setajam silet , bubar jalan lah hubungan gue. Kalo dari orang2 yang di lingkungannya dia bilang sih, dia promosi ke orang2 kalo gue yang ter ter buat dial like it matters now? d'oooghhhhh!!!! yaa itu kan di mulut. The truth is, ngapain ngumbar2 ke orang2 tentang perasaan lo ke si X kalo lo aja nggak punya nyali buat nunjukin ke si X sejujurnya. Sering banget segala omongan manis itu gue tantang buat jadi realita. Hasilnya 98% nol besar. Hari ini ngomong A, besok ngomong B, lusa A lagi...minggu depan C..makan tu omdo! Dan semakin kesini, kepercayaan gue pun semakin meluruh dalam jumlah yang semakin besar. Mirip2 kayak snowball effect...yyuuukkk. Ini kan kayak lo dikasih sayap "nih pake deh sayapnya buat terbang.." terus pas lo terbang tiba2 lo di lempar pake lembing trus sayap lo robek, pelan2 lo jatoh nyusruk kayak pesawat2 maskapai lokal yang maintenance-nya ga beres..kadang lo nemuin bangke-nya (baca: jati diri), kadang nggak. Kan mending ga usah dikasi sayap...mending biar butut, gue pake sayap bikinan gue sendiri. Kapasitasnya gue tau ampe mana.

Terus hubungan ama orangtua gue juga jadi nggak bener. Gue jadi semi bekstrit padahal ya aolliiii tadinya bener2 baek2 aja. Gara2 si comel satu itu aja kebanyakan tingkah kayak tessi srimulat makanya jadi pada ga percaya. Ya emang siii ni laki bukan dari bebet bibit bobot sempurna. Track recordnya juga ga bagus2 amat. Tapi gue selalu berpendapat orang itu ga mungkin 100% baik atau 100% ngaco. Pasti ada sisi lainnya. Nah, gue dan dia ini lagi berusaha membenahi diri. Dia juga tau dia nggak baik dan minder bareng gue. Mungkin emang dari sananya gue kerjaannya jadi mekanik mulu...eh, engineer deh biar keren. Ngelurusin idup orang, abis itu capcus kaga bareng gue *embeerrrr...ngehek banget*. Kalo gue ama sahabat gue bilangnya "bolak balik ngerubah bahan mentah jadi barang jadi yang bagus, abis itu diambil orang...alias bukan kita yang nikmatin hasta karyanya". Ngenesin sih...tapi ya gitu deh. Intinya, gue ga suka aja ama suasana rumah yang jadi jelek, dan asli gue tu sebelom kjadian laknat ini deket banget ama nyokap. Makanya gue kesiksa banget dengan kondisi yang ngehek banget kampret setan kayak gini (heeee...mulai sumpah serapah-nya kumat). Untung setelah gue ngobrol hati ke hati (bookk inget acara perjodohan jaman dulu ga sih di RCTI...judulnya Hati ke Hati...hihhihih asli cupu abis....*mulai keilangan orientasi bahasan*) dan membuka segala kebusukannya, semuanya kembali menjadi baik2 lagi kembali hampir seperti semula. Kecuali si kampret omdo itu aja yang ampe sekarang paling ga brani ngomong ama nyokap gue...hahaha bodoooo!!!!

Semua ini terjadi dalam taun yang sama, 2006. Bener2 taun apes buat gue dah tuh. Kalo bole gue kasih judul, itu taun penuh ama series of unfortunate events. Dan gue belajar banget kalo:

"kepercayaan itu sesuatu yang lo bangun perlahan2 dengan susah payah, tapi buat ngilanginnya segampang membalikkan telapak tangan
"


Please do learn from my experiences. Once you've earned that trust, do your best not to lose it. Itu adalah penghargaan tertinggi seseorang atas diri lo. Once you've lost it, you will have to work at least twice harder to maybe..just maybe... earning it back... Yet things won't ever be the same. Mungkin analoginya seperti kayak luka dalem. Lukanya bisa diobatin, tapi begitu sembuh pun, bekasnya akan tinggal selamanya. Kalo pun bekasnya mau diilangin, musti operasi plastik, yang pastinya mehong abis (baca: butuh usaha lebih)...nahhh...gitu kira2 gambarannya...

Respect yourself..you deserve it... :)


cheers!

No comments:

Post a Comment