Tuesday 6 July 2010

kebon pedes. june '10

Sudah menjadi tradisi bahwa setidaknya dua bulan sekali gue, nyokap, dan keluarga kakak gue nyekar ke bogor - kebon pedes. seneng kalo liat makamya bersih. Sayangnya terakhir kesana, keadaannya bener2 kotor, kayak ga pernah ditengokin. Kasian eyang, mungkin pada blum sempet aja yaa. Didukung oleh cuaca yang bolak balik ujan, bikin tanaman ekstra cepat gondrong.

Pak Udin bergegas ke arah makam saat melihat kita datang. Pak Udin ini penjaga makam dari jaman baheula. He's like the one who has all the keys. Begitu besar pengabdiannya ama makam, dengan seragam biru tua dan sepatu boot karet, lengkap dengan parang+sapu lidi di tangan.

















tanamannya sampai menjuntai ke lantai..hampir menutupi sisi2 makam di atas pagar besi.

















bala bantuan mang Udin yang bekerja ngeberesin makam


Beliau dan anak buahnya pun langsung bebersih makam, kita pun ikutan turun tangan sambil ngasih arahan supaya begina begini begitu. Makam diperindah bukan karena syirik, tapi supaya yang dateng ngerasa nyaman. Berdoa di bawah keteduhan, apalagi kalo siang..enaknya minta ampun. Setelah bersih, maka kita mulai melakukan ritual berdoa.

All my prayers for you eyangs....semoga bahagia di sisi-Nya. Sekarang Makam-nya udah bersih dan cantik lagi :) sampaiy jumpa bulan depan eyangs..

No comments:

Post a Comment