Friday 27 November 2009

balda pelayan resto (2)

kisah di Till (Kasir)

Ternyata, ga semua yang di otomasi akan berjalan lancar. misalnya seperti till (kasir), setiap kita selesai itung duit, setiap pecahan koin dan kertas ditimbang, dan mesin akan transmit langsung ke computer. Hari ini pas till gue di close, ternyata gue dibilang down £160. Gilak apa ya gue nilep segitu amat? biasanya cuman beberapa pence, ini... gedenya ga kira2. Curiga lah gue, dan flashback ke setiap transaksi yang mencurigakan. Mesin kartu ga ada masalah, setiap transaksi yng pake kartu, walau aga pelan, tapi semua sukses. Berarti kemungkinn terletak di transaksi cash kan. Kecurigaan gue melayang ke seorang nenek2 dengan 3 orang cucunya yang pesen makanan 3 menu senilai £9-an, trus bayar pake (seinget gue) £10. Pas gue kasih kembalian, dia bilang dia kasih gue £20. Antara ragu dan nggak, gue kasih tu £10 pon ekstra. Trust the customer, positive thinking. Dari sekian transaski yang kira2 mencurigakan, pokoknya gue yakin banget kalo kemungkinan terbesar selisih till gue cuman di transaksi itu. Yang laen ga mungkin sama sekali. Ternyata setelah till gue down £160, di blakng layar, team leader juga sibuk ngitungin til gue, dan came up with £10 figure. Cocok kan tuh. Pas gue sampe rumah, gue cerita ke Sudi, dan apa coba sodara2?!?!? Sudi juga pernah ngalamin hal yang sama, sama customer yang sama. Dia pernah sekali ketipu, dan yang kedua kali, dia kekeuh kalo si Nenek bayar pake £10. Setelah debat, si nenek pun mundur teratur. Makin yakin lah gue kalo selisih itu adalah karena gue kena tipu ama si Nenek!! Serigala berbulu domba emang!!! persis nenek2 di film Duplex!!!!

Moral: Kalo konsumen bener2 Raja, yg jad rakyat emang suka diinjek2!!! Make sure the money received and the change given are in the correct amount. Next time, gue gamau ketipu lagi ama si Nenek2 bedebah itu... KAli ini selamat lo Nek, next time, gue pantengin tu CCTV buat ngebuktiin kalo gue bener!

No comments:

Post a Comment